Selasa, 10 Mei 2011

Cara Setting Web Server di Ubuntu 10.10

Bila setting Web Server di ubuntu mungkin banyak yang menggunakan aplikasi seperti XAMPP (Apache Server) di sini kita akan coba menggunakan aplikasi yang telah di sediakan dalam paket aplikasi ubuntu.

Berikut langkah – langkahnya :

1.    Untuk tahap awal setting web server kita harus menginstal beberapa aplikasi melalui synaptic package manager pada menu system-administration-synaptic package manager, klik tombol search lalu masukkan keyword :
    1.    Apache2
    2.    php5 libapache2-mod-php5 php5-curl
    3.    mysql-server libapache2-mod-auth-mysql php5-mysql
    4.    phpmyadmin
    5.    Unicode
    Contohnya :     klik search, masukkan keyword salah satu di atas lalu tekan enter, jika telah muncul klik aplikasi tersebut lalu pilih mark for installation, jika muncul jendela notifikasi “mark additional required change “ klik mark lalu klik Apply dan akan muncul jendela notifikasi  “Apply the following changes? ” lalu klik apply maka proses instalasi akan berjalan.
    Catatan :    Instalasi aplikasi tersebut akan sedikit memakan waktu sekitar 30–45 menit (tergantung dari koneksi internetnya) dikarenakan proses download dan instalasinya secara online. Lain halnya jika mempunyai repository lokal yang terdapat pada HDD internal maupun eksternal. Karena aplikasi tersebut sudah ada didalam repository dan proses download serta instalasinya hanya membutuhkan waktu beberapa menit saja.  Pembuatan Repository Lokal klik di sini 
2.    Pada saat proses instalasi aplikasi yang ke 3 di atas akan di minta untuk masukkan username dan password ( masukkan username dan password yang mudah di ingat,  contoh : username root dan password root ) agar pada saat konfigurasi tidak lupa untuk memasukkan username dan password.
    Untuk proses instalasi aplikasi yang ke 4 akan muncul jendela notifikasi untuk memilih server web (Please choose the web that should be automatically configured to run phpMyAdmin) dan pilihlah apache2 serta masukkan password dan konfirmasi password seperti yang telah dibuat sebelumya.
3.    Buka text editor pada menu Applications-Accessories-Text Editor lalu ketik (tanpa tanda kutip)

    “ <?php
    phpinfo();
    ?> “

    Simpanlah pada folder /var/www/ di file system (jika tidak bisa tekan Alt+F2, ketik gksu nautilus klik run lalu masukkan password komputer dan tekan enter).
4.    Untuk memastikan apakah web server telah berjalan buka Terminal/Console (Applications-Accessories-Terminal) lalu ketik sudo su tekan enter, masukkan password komputer jika diminta lalu ketik      sudo /etc/init.d/apache2 restart dan kemudian ketik sudo /etc/init.d/mysql restart lalu tekan enter  serta bukalah aplikasi web browser ( Mozilla firefox / google chrome ) ketik http://localhost pada Address. Jika berhasil maka akan muncul tampilan seperti ini :

    It works!
    This is the default web page for this server.
    The web server software is running but no content has been added, yet.


5.    Agar script php yang telah disimpan di folder /var/www/ berjalan maka bukalah aplikasi web browser lalu pada Address ketik http://localhost/phpinfo.php
8.    buka tab baru pada web browser dengan mengklik tanda “+” dan pada address ketik http://localhost/phpmyadmin, bila berhasil maka akan keluar  tampilan  phpmyadmin .
9.    Selanjutnya bagaimana cara instalasi, setting serta membuat website berbasis CMS seperti :
    1.    Joomla        ( Klik di sini )
    2.    Drupal        ( Klik di sini )
    3.    wordpress  ( Klik di sini )
    4.    Moodle       ( Klik di sini )

Untuk cara setting web server menggunakan aplikasi XAMPP silahkan klik di sini

Tidak ada komentar:

Posting Komentar