Sabtu, 07 Mei 2011

Cara Install Aplikasi Melalui Terminal / Console Ubuntu

Instalasi sebuah aplikasi melalui terminal ubuntu bisa secara online ataupun offline. Untuk install aplikasi secara online / offline menggunakan paket aplikasi (repository) di dalam terminal ubuntu kita bisa mengetik perintah sudo apt-get install nama aplikasi ( contoh : sudo apt-get install vlc ).

Ada baiknya bila ingin install secara online melalui terminal ubuntu jangan lupa konfigurasi Ubuntu Software Source dilakukan secara benar agar pada saat instalasi berjalan sukses dan tidak mengalami kegagalan.

Selain install secara online, kita bisa juga melakukan install aplikasi secara offline, untuk install secara offline terbagi 2 cara :

1.    Melalui paket aplikasi ( repository )
2.    Download melalui internet

1.    instalasi secara offline menggunakan paket aplikasi ubuntu sangat dianjurkan dan lebih mudah, karena hampir semua aplikasi yang dibutuhkan semuda tersedia di dalam paket aplikasi ( repository) untuk penjelasannya bisa klik di sini  

2.    cara ini bisa dilakukan apabila tidak mempunyai paket aplikasi atau koneksi internet yang terbatas. Untuk bisa install aplikasi  contoh : aplikasi pemutar Video ( vlc ). Berikut cara-caranya :

1.    Buka web browser  dan di address ketik http://repo.ugm.ac.id/apt-web/
2.    Pada Base Distribution masukkan versi aplikasi ubuntu yang digunakan
3.    Tentukan mirror ( link sumber aplikasi )
4.    Masukkan nama aplikasi pada menu package ( contoh vlc ) klik submit
5.    Download semuanya ( text warna biru )
6.    Setelah di download, simpan dalam satu folder (asumsi kita menyimpannya di Documents ) dan berikan nama pada folder tersebut ( contoh vlc )
7.    Buka terminal / console ketik cd Documents/vlc tekan enter lalu ketik sudo dpkg –i *.deb, maka proses instalasi aplikasi vlc akan berjalan
8.    Bila selesai kita bisa melihat aplikasi vlc yang telah di install pada menu applications-Sound & Video-VLC media player.

1 komentar:

  1. kok saat setelah ketik sudo dpkg -i*deb suruh masukin password,tapi saat mau di ketik passwordnya gak bisa,balas lewat e-mail ya

    BalasHapus