Rabu, 16 Maret 2011

MENGAPA MENGGUNAKAN LINUX ?

Linux adalah sistem operasi berbasis UNIX, yang didukung oleh GNU General Public License (GNU GPL), GNU merupakan suatu aplikasi (sistem operasi) yang secara bebas digunakan dan disebarluaskan dengan biaya murah. Linux merupakan alternatif sistem operasi yang patut dilihat terhadap sistem operasi lainnya seperti Windows NT, UNIX , SunOS dan lainnya. Jika kita menggunakan sistem operasi Windows yang tidak mempunyai lisensi resmi (alias bajakan) kita telah berbuat ilegal.

Linux versi yang baru sekarang mempunyai Graphic User Interface (tampilan grafis) yang canggih dan mudah digunakan. Kita dapat melakukan semua kegiatan yang biasa kita lakukan dengan Windows bisa juga dilakukan di Linux dan halal alias bukan bajakan. Linux menyediakan platform yang sangat maju dan stabil untuk berkomputer. Walaupun sejarah pengembangan dan sistem supportnya jauh berbeda dengan kebanyakan operating system lain, Linux sangat menarik untuk digunakan di lingkungan bisnis, akademis, maupun pribadi.

Linux adalah pesaing berat dari Microsoft Windows. Keuntungan utama Linux terhadap Windows adalah pengembangan dan support secara terbuka, sejarah dan arsitektur Unix, serta stabilitasnya. Kekurangan utamanya berhubungan erat dengan lebih sedikitnya jumlah penggunanya: aplikasi yang tersedia belum sebanyak Windows, dan adanya selang waktu antara diperkenalkannya suatu hardware baru dengan supportnya di Linux. Linux memungkinkan penyesuaian dengan kebutuhan secara lebih jauh, dan berkurangnya ongkos pengelolaan administrasi jangka panjang, walaupun untuk memulai belajarnya relatif lebih sulit.
Linux sedang menuju puncak kejayaannya dan bisa menjadi perubahan yang hangat untuk pengguna yang sudah mulai jenuh dengan ketidakstabilan sistem operasi lainnya. Dengan GNU GPL Linux menawarkan sebuah sistem operasi sekelas UNIX dengan biaya yang relatif murah. Terutama bagi perusahaan dengan kapital kecil Linux memberi angin segar terhadap investasi perangkat lunak yang dibutuhkan. Linux yang tak berbiaya tinggi ini bukan berarti tanpa menganut asas legalitas. Banyak distribusi Linux yang membolehkan para penggunanya untuk menggandakan tanpa perlu membayar lisensi. Sehingga kita memperoleh produk terbaik dengan tetap menjaga aspek hukum dengan tidak membajaknya.

Dengan fasilitas yang dimiliki Linux, maka Linux merupakan alternatif sistem operasi yang patut dilihat dan diperhitungkan selain sistem operasi lainnya seperti DOS, Windows95, Windows NT, UNIX, SunOS, atau Macintosh. Bagi pengguna UNIX, Linux dapat menjadi personal UNIX yang digunakan sebagai sarana pemrograman termasuk pemrograman database dan Xwindow(merupakan antarmuka grafis (GUI: Graphical User Interface)).

Dukungan lengkap terhadap aplikasi jaringan berbasis TCP/IP seperti telnet, ftp, dan web. Linux menyediakan juga driver untuk Ethernet, PPP, ISDN, radio, bahkan frame relay connections.

Bagi mahasiswa, Linux merupakan sarana yang dapat digunakan untuk mempelajari lingkungan UNIX sebagai pengetahuan awal sehingga bisa memudahkan dalam adaptasi terhadap sistem yang biasa digunakan oleh perusahaan skala besar tersebut. Selain itu dengan tersedianya source, mereka dapat melakukan eksperimen dan penelaahan apa saja dalam praktikum.

Bagi perusahaan skala kecil dan menengah, Linux dapat menghemat biaya investasi UNIX dengan kemampuan yang hampir sama dengan operating system lain yang sudah ada yang harganya relatif mahal. Desktop dan aplikasi office yang lengkap dapat dimanfaatkan sebagai alternatif (kalau tidak boleh dikatakan pengganti) dari sistem operasi yang sering terkena virus.

Bukan hal yang baru rasanya kalau komputer kita terkena virus. Anda mungkin salah satu korbannya. Yah, sekalipun sudah memakai Anti Virus dan Anti Spyware paling canggih, tetap saja bisa di tembus oleh virus. Bukan hacker namanya kalau menyerah untuk menembus sistem hanya karena anti virusnya yang canggih.

Lantas apakah Linux aman? Tentu saja! Suatu aplikasi jika ingin di install atau digunakan di dalam sistem operasi Linux akan di tandai suatu pemberitahuan dengan istilah Permission, dimana anda tidak akan bisa mengubah atau menginstal ke brankas file sistem tanpa izin sebelum memasukkan password dari si pengguna. Dengan begini pertahanan sistem akan lebih kuat Dan sejauh ini juga masih aman. Linux memiliki bangunan sistem yang berbeda dari windows. Dan hampir setiap distro Linux juga saling berbeda. Virus windows tidak bisa membobol Linux karena virus tidak mengenali sistem Linux.

Pernahkah kita mengalami ketika kita sedang melakukan suatu pekerjaan dan tiba-tiba komputer mengalami hang ataupun errors,  terutama ketika menjalankan program yang cukup berat. Linux cukup mampu menjalankan banyak program sekaligus dan semuanya berjalan dengan sangat ringan. Selain itu, Linux mampu memberikan effek grafis yang memukau dan menarik tanpa membutuhkan hardware dan VGA yang tinggi.