Jumat, 15 April 2011

PERKEMBANGAN DISTRO UBUNTU

Distro Ubuntu merupakan salah satu dari ratusan varian Linux di Dunia dan Ubuntu sendiri mendapat peringkat pertama sebagai pengguna terbanyak versi distrowatch.com (15/9/2011). distrowatch banyak digunakan sebagai tolak ukur perkembangan Linux di Dunia. Jika kita melihat perkembangan pengguna Linux itu sendiri di Indonesia terasa meningkatnya pengguna Linux ketika aparat kepolisian lagi gencar-gencarnya merazia warnet-warnet dan tempat-tempat usaha yang menggunakan komputer. Sehingga para pemilik Usaha buru-buru mengganti OS (Operating System) pada komputernya dengan Linux supaya komputer mereka tidak disita. Hal yang mendasar yang menjadikan Linux dipilih sebagai alternatif mereka adalah Free. Free yang dimaksud sesunguhnya adalah Bebas walaupun memang kebanyakan dari Software OpenSource adalah Gratis.

Perkembangan Pengguna Distro Ubuntu sendiri semakin hari makin bertambah saja ini dibuktikan dengan semakin banyaknya orang yang bergabung dalam Forum diskusi Ubuntu Indonesia dan Juga berbagai Milis di beberapa Google Group seperti Milis Ubuntu-id di http://groups.google.com/group/id-ubuntu.ubuntu indonesia Saat ini jumlah orang yang tergabung di Forum Ubuntu Indonesia sudah mencapai sekitar 13650 (15/9/2011) pengguna terdaftar yang setiap harinya selalu aktif berdiskusi menanyakan dan memberi jawaban. Pertanyaan mereka mervariasi mulai dari yang mudah hingga yang sulit karena memang tingkat pengetahuan tentang Ubuntu berbeda-beda.

Perkembangan Pengguna Distro Ubuntu juga tidak terlepas dari dunia pendidikan, Setidaknya sudah ada beberapa Universitas dan Perguruan Tinggi telah memasukkan mata kuliah Linux pada mahasiswa jurusan TI. Terdengar kabar juga beberapa (sudah banyak) perusahaan yang kemudian beralih menggunakan Linux karena alasan biaya dan keamanan, ada juga warnet dan rental komputer. Ada hal yang disini tidak seimbang menurut pengamatan bahwa kurangnya tenaga profesional baik itu yang mahir dalam Distro Linux tertentu dan atau dalam distro Ubuntu Linux. Sesungguhnya kekurangan itu bisa dijadikan lahan baru bagi seseorang karena yang Ahli masih sedikit dan yang ingin menggunakan terus bertambah.

Perkembangan distro Ubuntu atau Pengguna Ubuntu Linux sebenarnya dapat melihat juga semakin banyaknya blog-blog yang membahas tentang Linux dan berbagai macam aplikasi serta menangani masalah tertentu. Ini merupakan suatu hal yang bagus karena dengan meningkatnya pengguna Ubuntu ataupun distro Linux yang lain selain Ubuntu itu artinya Linux sudah semakin dikenal masyarakat Indonesia, dan ada kemungkinan berkurangnya praktik pembajakan Software sehingga Indonesia ini bebas dari Software bajakan. Tidak ada salahnya menggunakan Software Propertary (Software yang harus membayar lisensi) tetapi gunakanlah sesuai dengan lisensi yang sudah Anda setujui (EULA).